Kamis, 03 Maret 2011

Macam - Macam Simbiosisme dan Contohnya

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan, dan biosis yang berarti kehidupan. Jadi, simbiosis adalah interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan.

Simbiosis berupa pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut sebagai simbion.


Ada beberapa jenis simbiosis, yaitu :
1. Parasitisme, adalah dimana pihak yang satu mendapat keuntungan, sedangkan pihak yang lain dirugikan. Pihak yang diuntungkan mendapatkan makanan gratis dari inangnya (pihak yang dirugikan), sehingga keungkinan inangnya bisa mati lemas secara perlahan-lahan, sungguh kejam..
Contoh : tanaman benalu dengan inangnya, tanaman tali putri dengan inangnya, cacing perut dan cacing tambang yang hidup di dalam perut manusia. Manusia yang disebut sebagai parasit di dalam lagu Gita Gutawa bisa juga dijadikan contoh :D hehe, tapi sayangnya, tadi sudah sijelaskan di atas bahwa simbiosis berupa pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.

pergi kau ke ujung dunia
dehidrasi di Gurun Sahara
hilang di Segitiga Bermuda


pergi kau ke luar angkasa
hipotermia di Kutub Utara
hilang di Samudra Antartika


dan jangan kembali
parasit..
lalalalalalalaalalalalalala (teruskan sendiri yaa)


2. Mutualisme, adalah simbiosis yang menguntungkan kedua pihak.
Contoh :  ikan remora dan ikan hiu, bunga sepatu dan lebah, burung jalak dan kerbau, bunga dan kupu-kupu. Kalau antara bunga dan kupu-kupu atau lebah, kupu-kupu atau lebah tersebut menghisap sari bunganya, dan bunga terbantu juga proses perkembangbiakannya.

3. Komensalisme, adalah simbiosis dimana pihak yang satunya mendapat keuntungan, sedangkan pihak yang lainnya netral (tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan).
Contoh : ikan badut dan anemon laut, tumbuhan pakis dan anggrek dengan tumbuhan inangnya.

4. Amensalisme, adalah simbiosis dimana pihak yang satunya dirugikan, sedangkan pihak yang lainnya netral.

5. Kompetisi, adalah dimana kedua pihak saling merugikan. Biasanya terjadi di dalam persaingan dalam memperebutkan pasangan, makanan, tempat tinggal, wilayah kekuasaan.

6. Netralisme, adalah simbiosis dimana kedua belah pihak tidak dirugikan ataupun tidak diutungkan (netral).

Untuk simbiosis nomor 4 dan 6 saya belum menemukan contohnya,mohon maaf ya. Jika teman-teman sekalian sudah menemukannya, harap share dengan saya ya :D berbagi dengan sesama itu pahala. Terima kasih.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Simbiosis

0 komentar:

Posting Komentar

 

Louisa Gusni Maygrecia Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template