Sabtu, 12 Maret 2011

Kini Jepang Menangis

Kemarin dunia kita kembali diguncang musibah, yaitu tsunami di Jepang. Sungguh disayangkan musibah ini harus terjadi.
MySpace
Berita bercerita bahwa Jepang memanglah negara yang rawan  gempa, tapi sangat tidak disangka kalau akan ada gempa berkekuatan 8,9 SR dan dibarengi dengen tsunami yang sangat luar biasa !
Berikut ini adalah berita yang saya copy dari situs ini

Korban Tewas Gempa dan Tsunami Jepang Jadi 1.000 Orang
Jakarta - Jumlah sementara korban tewas akibat gempa dan tsunami Jepang mencapai 1.000 orang.  400 Orang diketahui hilang.
Belum ada WNI dilaporkan menjadi korban jiwa dalam gempa berkekuatan 8,9 SR itu.

KBRI Tokyo dari NHK streaming merilis hal tersebut di dalam twitternya, Sabtu (12/3/2011).

Sementara itu, tim KBRI Tokyo yang akan mengevakuasi WNI sudah sampai di Fukushima, namun terhenti akibat longsor yang terjadi di antara Miyagi dan Iwate. Pemerintah Jepang mengerahkan helikopter untuk mengevakuasi korban di Kesennuma City, Miyagi Prefecture.

Warga di radius 10 km dari PLTN Fukushima dianjurkan untuk berevakuasi. Hal ini karena peningkatan tingkat radiasi menjadi 1.000 kali skala normal.

Gempa di Jepang terjadi pukul 12.46 WIB, Jumat (11/3) kemarin, berpusat di 373 km timur laut Tokyo. Beberapa saat kemudian terjadi tsunami dengan ketinggian 4 meter hingga 10 meter.



Jepang oh Jepang, yang sabar yaa
MySpace


Saat menonton berita, saya terkejut mendengar bahwa tsunami dari Jepang akan mengimbas daerah Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur, yaitu Papua, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara. Dikabarkan bahwa sekitar pukul 6 atau pukul 8 nanti tsunami mungkin dapat menerjang wilayah tersebut, maka diharuskan untuk mengevakuasi warga secepatnya !
MySpace
Ternyata eh ternyata, lewat dari pukul 8 itu belum ada kabar tampaknya tentang tsunami y ang dikabarkan akan menyerang Indonesia. Saya kira tidak jadi, padahal saya sudah bersyukur karena tsunaminya ogah datang ke Indonesia. Sungguh terlalu, sangat disayangkan para pembaca. Saya sangat kecewa setelah membaca berita ini.



Ekor Tsunami Jepang Terjang Jayapura

Sejumlah mobil dan pesawat kecil terendam di bandara Sendai, Jepang Utara, akibat tsunami melanda kawasan tersebut (12/3). AP/Koji Sasahara
Juru Bicara Kepolisian Daerah Papua, Komisaris Besar Wahyono mengatakan, saat kejadian tersebut pada Sabtu (12/3) dini hari tadi, sembilan rumah terseret ombak dan hancur. “Salah satunya adalah Balai Adat Masyarakat. Jembatan Kali Buaya penghubung Koya dan daerah perbatasan dengan negara Papua Nugini juga ikut hancur,” kata dia, ketika dihubungi di Jayapura, Sabtu, 12 Maret 2011.TEMPO Interaktif, Jayapura - Tsunami yang muncul akibat gempa berkekuatan 8,9 skala Richter di Jepang juga menghantam perairan Indonesia. Ombak setingi dua meter menghantam pesisir Pantai Holtekamp, Kota Jayapura, Papua, Sabtu dini hari. Akibatnya, sebanyak 19 Kepala Keluarga mengungsi ke wilayah Abepura dan Koya Koso.
Satu orang warga didaerah itu atas nama Darwanto Odang (35 tahun) tewas terseret ombak sekitar 50 meter saat ingin mengungsi ke daratan. “Nyawanya tak tertolong lagi saat kami akan bawa ke rumah sakit,” jelas Amir, salah satu warga didaerah itu. 
Suasana disekitar Pantai Holtekamp yang ramai dikunjungi warga sebagai tempat rekreasi, saat ini sepi. Di pantai tersebut juga banyak terlihat jaring-jaring ikan dari tambak yang berserakan. “Kami masih takut untuk kembali pulang. Takut jika ada ombak besar lagi. Kemungkinan kami akan menunggu sampai Minggu (13/3) pagi besok,” ujar Amir lagi. “Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik, sehingga kami masih was-was.”
Pemerintah Kota Jayapura dan Basarnas setempat hingga saat ini belum memberikan bantuan apapun terhadap warga yang rumahnya terseret ombak ataupun kepada warga yang mengungsi. Padahal puluhan warga itu membutuhkan makanan, minuman , selimut serta perlengkapan untuk anak dan bayi. “Pagi tadi ada utusan dari Walikota yang baru mendata kami. Untuk bantuan pasca diterjang ombak ini, kami belum mendapatkan apa-apa,” ujarnya. Cunding Levi
Kasihan MySpace
Saya masih belum mengikuti perkembangan berita terbaru tentang tsunami di Jepang ini, apakah akan ada gempa atau tsunami susulan lagi ? Apakah akan mengimbas juga ke Indonesia ?
Jangan sampai :( saya berharap cukup sudah itu saja yang dialami Indonesia kali ini. Tuhan :( tolong dengar doa mereka yang ketakutan, tolong dengar doa mereka yang kehilangan, tolong dengar doa mereka yang perlu pertolongan, tolong dengar jerit mereka yang telah berpulang..
tsunami jepang
korban tsunami jepang
kapal terseret pusaran air
kehancuran di jepang
tsunami jepang
pusaran air tsunami
evakuasi
evakuasi
evakuasi
korban tsunami
evakuasi
evakuasi
evakuasi
kebakaran
tsunami jepang
korban :(
kebakaran
kebakaran

0 komentar:

Posting Komentar

 

Louisa Gusni Maygrecia Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template