Senin, 21 Maret 2011

Bagaimana Upaya Manusia Mencapai Suatu Obsesi Menembus Batas Kecepatan dengan Alat Transportasi ?

Upaya manusia untuk menembus kecepatan memang tidak ada jeranya MySpace
Sekelompok tim dari Inggris berencana melampaui rekor kendaraan darat tercepat di dunia yang hingga kini belum juga terpecahkan, sejak 13 tahun yang lalu. 
Bloodhound Super Sonic Car (SSC)
Mobil tersebut dinamakan Bloodhound Super Sonic Car (SSC), yang ditargetkan untuk bisa meluncur dengan kecepatan 1000 mil per jam atau sekitar 1.600 km per jam MySpace
Melampaui kendaraan tercepat saat ini, Thrust SSC yang bisa melesat hingga 763 mil per jam atau 1.228 km per jam.
Dengan kecepatan super tersebut, Bloodhound bahkan bisa mengalahkan peluru yang ditembakkan dari mulut pistol revolver Magnum 0.375 yang memiliki kecepatan 441 meter per detik.
Richard Noble, Direktur proyek pemecahan rekor berkata kepada BBC News, " Kami mendapat banyak tawaran dari berbagai perusahaan di seluruh dunia yang ingin menjadi sponsor. "
Maka itu, lebih banyak pihak yang berniat menyediakan bantuan finansial daripada kemampuan Bloodhound untuk mempromosikan perusahaan tersebut.

Sekarang mari kita membedah Bloodhound
Seperti yang dikutip dari Physorg, Mesin Bloodhound ditenagai oleh kombinasi dari roket Falcon dan sebuah mesin jet EJ200 yang digunakan pada pesawat tempur Eurofighter Typhoon.
Mesin jet ini mampu memproduksi daya dorong sekuat sembilan ton, sementara mesin roket akan menyediakan daya dorong tambahan sebesar 12 ton.
Adapun body Bloodhound terbuat dari bahan campuran yang tipis. Rodanya terbuat dari campuran aluminium padat, berbobot 97 kg, dan berdiameter 90 cm. Khusus roda, Lockheed Martin, yang merupakan pembuat pesawat jet F-22 Raptor dan F-35 yang membuatnya.
Roda kendaraan ini merupakan roda yang berputar dengan kecepatan tertinggi yakni mencapai 170 putaran per detik (sekitar 10.200 rpm). Tekanan pada roda diperkirakan mencapai sekitar 150 megapascal.
Pembuat mesin jet pada mobil F-1, Cosworth yang belum lama ini bergabung akan terlibat dalam pembuatan salah satu unit power yang mengendalikan bagian liquid pada roket Bloodhound. Sedangkan Hampson Industries akan membangun bagian belakang mobil.aaa
Pemecahan rekor ini dilaksanakan di Hakskeen Pan di Provinsi Cape bagian utara, Afrika Selatan. Pada trek sepanjang 20 km dan lebar 1,5 km, oh iya tidak boleh ditemukan adanya batu, karena dapat menyebabkan kecelakaan fatal.
Oleh karena itu, sekitar 300 orang lokal dikerahkan untuk membersihkan trek tersebut. Bloodhound harus melakukan 2 kali lintasan. Hasil kecepatan rata-ratanya yang menjadi kecepatan resmi kendaraan ini.
Richard Noble adalah orang yang mengepalai tim kendaraan Thrust SSC tahun 1987 yang kini rekornya belum terpecahkan. Bahkan tahun 1983 ia mengendarai Thrust 2 memecahkan rekor kendaraan tercepat di dunia, mengalahkan Bluebird CN7.
Demi misi kali ini, Noble membawa personil terdahulu di tahun 1987. Mereka adalah Komandan Wing Royal Air Force Andy Green sebagai pengemudi, dan Ron Ayres sebagai kepal;a desain aerodinamis.
Konstruksi Bloodhound akan dimulai Januari tahun depan. Rencananya, Bloodhound akan memecahkan rekor baru kecepatan mobil di bumi tahun 2012.


Selain mobil Bloodhound, ada juga nih pesawat Concorde. Apalagi itu ? 
Concorde adalah pesawat supersonik (pesawat dengan kecepatan suara) pertama yang diciptakan pada tahun 1950-an dengan hasil kerja sama antara Inggris dan Perancis. Tambahan huruf ' e ' pada nama Concorde diberikan Inggris sebagai ucapan terimakasih atas jasa Perancis dalam pembuatan pesawat ini. Concorde ini pertama kali dioperasikan tahun 1969.
Salah satu keunikan pesawat ini adalah bagian hidungnya yang dapat dibengkokkan. Kalau dilihat secara awam pembengkokkan hidung ini hanya seperti aksesoris yang mempercantik. Tapi ternyata penekukan hidung ini (yang sudut penekukannya 12,5 derajat - 30 derajat) perlu dilakukan agar saat akan mendarat hidung Concorde ini tidak menghalagi pandangan pilot ke arah landasan lapangan terbang.
Concorde ini mengalami kecelakaan pada 25 Juli 2000. Hal itu membuat orang sadar bahwa pesawat supersonik sangat rentan. Akhirnya, ditambah lagi dengan mahalnya biaya operasional, sejak tahun 2003 pesawat Concorde dipensiunkan oleh maskapai Air France dan British Airways dari armadanya dan mengakhiri karir penerbangan supersonik.
Selama 20 tahun pertama karir Concorde, pesawat ini mengangkut 3,7 juta penumpang. Jam terbang ke-13 pesawat Concorde sudah lebih radi 200.000 jam terbang. Dari jumlah itu 14.000 jam diantaranya adalah 140.000 jam terbang di atas kecepatan suara.Pesawat ini juga mampu membawa 144 penumpang dengan kecepatan 2,04 mach (2.200 km per jam) pada ketinggian 60.000 kaki. Yang berarti kecepatan Concorde 2 kali lebih cepat dari kecepatan suara, yakni 1.200 km per jam. Dengan kecepatan ini Concorde hanya menempuh waktu 2 jam dari Paris ke New York, yang melebihi rata-rata pesawat biasa selama 7 jam.
Saat menembus kecepatan yang dahsyat itu, Concorde akan mengeluarkan suara menggelegar yang disebut SONIC BOOM. Jika terjadi di atas daratan yang penuh perumahan, pengaruh sonic boom dapat memecahkan kaca-kaca jendela rumah.
Maka dari itu, Concorde hanya boleh terbang dengan kecepatan dahsyat tersebut saat ada di atas Samudera Atlantik. Saat Concorde masih terbang di atas Eropa dan Amerika, Concorde hanya melaju menggunakan kecepatan pesawat biasa, yaitu 600 km per jam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Louisa Gusni Maygrecia Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template