Rabu, 21 April 2010

riset PEMUAIAN

Pemuaian .. tentu ada di sekitar kita, seperti pemuaian pada kaca jendela, pemuaian pada ban sepeda, pemuaian pada rel kereta api, pemuaian pada kabel listrik atau kabel telepon.

Sebenarnya apa arti dari kata “pemuaian tersebut” ?

Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor.

Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas.

Pemuaian pada zat gas ada 3 jenis yaitu pemuaian panjang (untuk satu demensi), pemuaian luas (dua dimensi) dan pemuaian volume (untuk tiga dimensi). Sedangkan pada zat cair dan zat gas hanya terjadi pemuaian volume saja, khusus pada zat gas biasanya diambil nilai koofisien muai volumenya sama dengan 1/273.

Sekarang ini, yang saya bahas dalam riset saya kali ini, tentang pemuaian pada kabel listrik. Pemuaian pada kabel listrik termasuk pemuaian panjang, ya tentu saja .. coba anda amati kabel listrik atau telepon yang ada di sekitar anda. Mengapa kabel listrik tersebut pada siang hari terlihat molor atau kendur pada siang hari, sedangkan pada malam hari kabel tersebut tampak kencang. Mengapa hal tersebut terjadi ?

Ternyata, pemasangan kabel listrik atau telepon tersebut memang dibuat kendur, agar menghindari putus atau rusaknya kabel pada saat terjadi pemuaian yang menyebabkan kabel tersebut mengencang.

Apa jadinya kabel jika kabel tersebut dipasang dengan kencang ? Otomatis kabel listrik atau telepon tersebut akan putus ! Maka rumah atau tempat tinggal anda terganggu jaringan teleponnya, dan tidak dialiri listrik !

0 komentar:

Posting Komentar

 

Louisa Gusni Maygrecia Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template